Jangan Khawatir! Ini Penyebab Bayi Mengalami Bersin

Jangan Khawatir! Ini Penyebab Bayi Mengalami Bersin

Anda sering melihat bayi mengalami bersin yang terkadang muncul tiba-tiba saja. Anda harus mengatasi bersin pada bayi dengan cara mengetahui penyebab terjadinya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan bayi Anda bersin.

  1. Bayi Flu

Flu merupakan penyebab yang paling sering menimbulkan bersin yang terjadi karena adanya peradangan pada bagian hidung dan saluran pernafasan. Flu menyebabkan kondisi saluran pernafasan menjadi tersumbat sehingga membuat bayi bersin agar dapat melegakan pernapasannya.

Bersin yang disebabkan karena flu dapat Anda atasi dengan memberikan ASI secara rutin. ASI akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi Anda sehingga flu dapat segera sembuh dan bayi tidak mengalami bersin lagi.

  1. Bayi Alergi

Terjadinya bersin pada bayi disebabkan karena bayi Anda mengalami alergi dan sangat sensitif. Misalnya saja alergi pada makanan atau pun obat-obatan bahan alergi terhadap kondisi lingkungan. Alergi ini akan berbarengan dengan terjadinya gangguan pada saluran pernapasan dan juga menyebabkan bayi Anda mengeluarkan tinja berwarna hijau.

  1. Suhu Ruangan dan Suhu Tubuh

Suhu ruangan yang tidak sesuai dengan suhu tubuh bayi akan menyebabkan bayi mengalami bersin terutama saat sedang demam. Anda yang menggunakan AC bisa untuk sementara mematikannya atau yang menggunakan kipas dapat mengecilkannya dan mengarahkan ke bagian lain ruangan. Suhu ruangan Anda jaga dengan membuka ventilasi udara yang ada di ruangan.

  1. Lingkungan yang Kotor

Lingkungan yang kotor dan berdebu akan membuat bulu hidung berfungsi untuk melakukan penyaringan. Jika kondisinya sangat tebal maka akan reflek menimbulkan bersin. Apa lagi kondisi ini terjadi pada bayi Anda yang bulu hidungnya belum dapat melakukan penyaringan dengan optimal.

Tidak hanya debu, asap yang muncul dari luar rumah atau pun asap rokok juga dapat membuat bayi Anda menjadi bersin. Bayi mengeluarkan bersin sebagai respon yang dilakukan untuk dapat melegakan rongga hidungnya agar tidak tersumbat. Hal ini membuat Anda harus menjaga kebersihan ruangan terutama area tempat tidur bayi.

  1. Hidung Bayi Tidak Bersih

Kondisi hidung bayi yang tidak bersih juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya bersin. Anda harus membersihkan hidung bayi secara rutin minimal 3 hari sekali agar kotoran tidak menumpuk dan membuat bayi susah bernapas. Anda bisa menggunakan pembersih telinga yang aman dan nyaman untuk bayi.

Pembersih telinga untuk bayi bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan bayi orami.com yang kualitasnya terjamin. Bagi Anda yang di Jakarta bisa berbelanja murah dan mudah dengan menggunakan JGOS.

Permasalahan bersin pada bayi dapat Anda atasi dengan mudah setelah mengetahui faktor penyebabnya. Jika bayi Anda tetap mengalami bersin dan membuatnya menjadi rewel dan disertai dengan penyakit lainnya. Segera bawa bayi Anda untuk diperiksa agar mengetahui penyebabnya.